Telepon: 081 336 559 281 / 0822 333 92 179 | Email: anmoerty59@yahoo.com

Makanan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Anak penyandang autism memiliki dunia yang berbeda dari kebanyakan anak normal. Dari segi perlakuan, makanan dan pendidikan memang harus mendapat perhatian khusus oleh orang tua. Makanan yang tepat diberikan untuk anak penyandang autisme yaitu bebas gluten dan kasein. Gangguan perkembangan pervasive pada anak autisme dapat juga melibatkan gangguan pada kemampuan komunikasi dan bersosialisasi, serta perilaku kognitifnya.

Anak penyandang autisme sulit mengekspresikan dirinya dan sulit berinteraksi terhadap lingkungan dengan cara yang berbeda. Ahli gizi menyatakan bahwa anak penyandang autisme harus menghilangkan sumber peptida (sejenis zat medium yang dapat terbentuk dari asam amino yang mempunyai cirri khas protein namun berbeda dengan protein) misalnya gluten (protein gandum) misalnya sereal dan kasein (protein susu) misalnya susu sapi, susu bubuk, susu skim, susu kambing, mentega dan keju.
Anak autisme bisa dikatakan menjalani diet Gluten-free dan Casein-free karena kedua hal ini dapat membantu perbaiki gangguan pencernaan dan juga membantu mengurangi perilaku anak autisme.

Menurut beberapa penelitian, anak autisme yang mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gluten dan kasein membuat ia menunjukkan perbaikan pada perilaku anak penyandang autisme. Selain itu makanan yang mengandung ragi, fermentasi dan gula juga dilarang untuk anak penyandang autisme.

Makanan yang dicerna anak autisme tidak dapat tercerna dengan sempurna, karena lubang-lubang pada mukosa atau lender usus ini dapat membuat anak autisme menjadi alergi terhadap makanan. Makanan yang belum tercerna sempurna inilah yang akan masuk melewati lubang tersebut makanan yang belum tercerna sempurna ini akan dianggap sebagai zat asing dalam tubuh oleh sel-sel antibodi anak.

Sumber : http://www.rajasusu.com/makanan-untuk-anak-berkebutuhan-khusus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *